Kegiatan diseminasi ini dimulai dengan pembukaan oleh Dr. M. Ikbal A., SE., M.Si., AK., CA, yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Dalam sambutannya, Dr. M. Ikbal A. menekankan pentingnya bagi fakultas untuk memiliki standar pengabdian yang bersaing, di mana hasil pengabdian dapat diadopsi oleh mitra dan stakeholder. Diskusi kemudian dilanjutkan dalam kegiatan diseminasi untuk menyesuaikan pedoman yang telah ada dengan kebutuhan prodi dan jurusan manajemen.

Standar pengabdian menjadi penentu kualitas keluaran dari hasil pengabdian yang akan diadopsi oleh mahasiswa dan dunia usaha-industri-komunitas akademis (DUDIKA), yang berdampak pada peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan jumlah keluaran pengabdian yang menjadi bagian dari kegiatan akreditasi Lembaga Akreditasi Manajemen dan Bisnis (LAMEMBA).

Kegiatan diseminasi hasil pengabdian memberikan paparan mengenai pencapaian tim pengabdian berdasarkan topik yang telah ditetapkan oleh masing-masing tim pengabdian. Setelah presentasi hasil pengabdian, dilakukan diskusi untuk menyamakan persepsi mengenai arah dan topik pengabdian di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Hasil dari kegiatan penyamaan persepsi ini mencakup pembentukan standar dasar untuk pengabdian dosen, yang akan menjadi pedoman untuk merumuskan road map pengabdian jurusan manajemen ke depan.

Selanjutnya, akan dibentuk tim kecil untuk merumuskan topik menarik yang relevan dengan konsentrasi masing-masing. Topik ini akan menjadi acuan dan diharapkan dapat diimplementasikan khususnya bagi UMKM di kota Palu dan sekitarnya. Tujuan utamanya adalah agar hasil pengabdian dapat menghasilkan metode studi kasus, berbasis proyek untuk memperkaya proses pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa.

Selain itu, diharapkan hasil pengabdian juga mampu menghasilkan model, prototipe, dan produk bagi mitra khususnya UMKM serta beberapa mitra kerjasama DUDIKA yang berkolaborasi dengan prodi dalam lingkungan jurusan manajemen. Pengembangan model dan pemantapan isu-isu terbaru akan terus dievaluasi sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan mitra yang terus berkembang.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply