SEJARAH FAKULTAS EKONOMI UNTAD

Fakultas Ekonomi Untad berdiri dan berkembang seiring dengan perjalanan sejarah Universitas Tadulako karena fakultas ini sudah menjadi bagian dari Universitas Tadulako sejak masih berstatus swasta yang didirikan pada tanggan 8 Mei 1963 di palu, Sulawesi tengah. berdasarkan SK Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor: 94/B-SWT/P/1964 tanggal 12 September 1964. Universitas Tadulako Berstatus Swasta sebagai cabang Universitas hasanuddin dengan empat fakultas yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Sosial Politi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Peternakan berdasarkan SK Menteri PTIP Nomor 2 Tahun 1966 tertanggal 1 Januari 1966. Pada Tanggal 18 Agustus 1981, Universitas Tadulako Cabang Universitas Hasanuddin resmi berstatus Universitas Negeri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 1981. Secara Singkat, tahapan perubahan status Universitas Tadulako adalah sebagai berikut:

  1. Status Swasta (1963-1966)
  2. Status Cabang Universitas Hasanuddin (1966-1981)
  3. Status Negeri (berdiri sendiri 18 Agustus sampai sekarang)

Fakultas Ekonomi secara aktif terlibat dalam membangun Universitas Tadulako sebagai Universitas Negeri. Sivitas akademika Fakultas Ekonomi terus berusaha memperbaiki dan meningkatkan kualitas kegiatan akademik dan non akademik melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Proses peningkatan kualitas tersebut dilakukan untuk menyusuaikan diri dengan perubahan lingkungan internal maupun eksternal. berbagai perbaikan aspek internal maupun eksternal maupun fisik dan non fisik terus menerus dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Seiring dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas tenaga akademik dan non akademik (administrasi) di Fakultas Ekonomi. jumlah mahasiswa juga terus menerus meningkat, hal ini ditindaklanjuti dengan usaha memperkuat komitmen dan memberikan pelayanan yang optimal kepada mahasiswa dan seluruh sivitas akademika sehingga citra Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako sebagai penyelenggara pendidikan tinggi yang unggul di Propinsi Sulawesi Tengah tetap dapat dipertahankan.

JURUSAN MANAJEMEN MENYELENGGARAKAN INTERNASIONAL SEMINAR KOLABORATIF DI BRUNEI DARUSSALAM

Perguruan tinggi sebagai lembaga  yang bergelut dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan hidup dalam dunia yang makin dinamis. Terlebih lagi era Revolusi industri 4.0  telah membawa dunia yang  menjadi borderless, menjadikan institusi pergutuan tinggi harus dikelola dengan tata kelola yang lebih baik untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam jangka panjang.

Pengembangan perguruan tinggi harus mampu memperkuat perannya dalam wadah tri dharma perguruan tinggi yang akan memberikan penguatan  bagi pembangunan masyarakat madani. Pengembangan kapasitas SDM merupakan salah unsur terpenting  dalam penhembangan  perguruan tinggi. Upaya pengembangan ini dilakukkan misalnya munculnya berbagai aturan yang mewajibkan  setiap perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah dalm berbagai event.

Menyadari  hal itu, jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako berupaya mewadahi dosen sebagai garda depan  dalam pengembangan  keilmuan di fakultas ekonomi melalui kegiatan publikasi kan konferensi internasional.  Melalui konferensi internasional maka jaringan kerjasama akan semakin luas. Selain itu akses untuk melakukan publikasi  berskala internasional juga semakin luas. Dengan demikian upaya pencapaian akreditasi tinggi dari badan akreditasi nsional akan semakin tinggi.  Pelaksaaan  konferensi internasional ini dilaksanakan di Kota Bandar Seri Begawan, Brunei, tanggal 23-25 Juli 2019. Bertempat di Hotel Wafa.

Tujuan pelaksanaan  co host dan konferensi internasional ini adalah :

  1. Terbentuknya jaringan kerjasama antara  Jurusan Mamajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako dengan  perguruan tinggi dalam dan luar negeri
  2. Terpublikasinya  tulisan dosen fakultas ekonomi  dalam prosiding internasional terindex.

Pelaksanaan kegiatan

  1. General stadium, Sesi pertama dari rangkaian pelaksana acara  konferensi adalah pelaksaan general stadium yang dilakukan  Hotel wafa. Acara ini dibuka oleh Duta besar RI untuk Brunei Darussalam.
  2. Seminar, Seminar dilakukan setelah sesi general stadium dilaksanakan.  Seluruh peserta dibagi dalam beberapa kelompok berdasarkan kajian ilmiah  yang ditulis. Diskusi dipimpin oleh seorang Chair.
  3. Mou antar PT co host, Sesi ketiga adalah pelaksaan penendatangan MOU antar perguruan tinggi dalam dan luan negeri ASEAN. Reporting aktivitas  merupakan wujud akuntabilitas pelaksaan program pengembangan kapasitas di Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako. Olehnya setiap aktivitas harus di rencanakan, dicatat dan didokumentasikan serta disebarkan sehingga memberikan nilai informatif kepada seluruh stakeholder.

Kolaborasi Jurusan Manaejemen  Dengan Universitas Brawijaya Dalam  3 Rd Asia Pacific International Conferenceon Management and  Business Science ( AICMBS)

Penguatan kapasitas dosen menjadi salah satu fokus jurusan manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Untuk itu, kinerja dosen melalui publikasi akan selalu di push melalui berbagai aktivitas jurusan.

Untuk menggairahkan  publikasi di Jurusan Manajemen,  Ketua Jurusan mengambil kebijakan dengan berbagai pola :

  1. MOU kerjasama pelaksanaan internastional seminar. Melalui keikutsertaan dalam co host internasional seminar, maka akan menjadi wadah bagi rekan rekan dosen untuk melakukan publikasiinternational.
  2. Bantuan pendanaan bagi dosen  dalam publikasi. Dengan cara ini, maka dosen tidak harus terbebani secara finansial. Dengan pola ini maka dosen akan lebih fokus untuk menulis. Jurusan akan mencarikan link untuk publikasi di beberapa jurnal internasional.
  3. Klinik penulisan jurnal internasional.

Sebagai wujud  kegiatan di atas, pada bulan 31 oktober sd 1 November tahun 2019, jurusan manajemen berperan sebagai co host dalam  3rd Asia pacific international conference on management and  Business science (AICMBS) yang ke 3 di Kota Batu.  Venue pelaksanaan kegiatan adalah di Senyum World Hotel, Kota Batu, di komplek Jatim Park 3.

Foto Bersama Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untad

Co host tersebut berhasil mempublikasikan sebanyak 8 paper yang ditulis secara kolaboratif oleh  15 dosen  manajemen  yaitu :

  1. Dr. Syamsuddin, S.E., M.Si
  2. Dr. Bakri Hasanuddin, S.E., M.Si
  3. Dr. Ira Nuriya Santi, S.E., M.Si
  4. Dr. Husnah, S.E., M.Si
  5. Dr. Asngadi, S.E., M.Si
  6. Dr. (Cand.) Muzakir T, S.E., M.Si
  7. Wahyuninigsih, Ph,D
  8. Dr. Rosida P Adam, S.E., M.Si
  9. Prof. Syamsul Bachri, S.E., M.Si
  10. Dr. Nofal Launa, S.E., M.Si
  11. Dr. Idris, S.E., M.Si
  12. Dr. Maskuri Sutomo, S.E., M.Si
  13. Dr. Juliana Kadang, S.E., M.Si
  14. Dr. Elimawaty Rombe, S.E., M.Si
  15. Dr. Vitayanti Fattah, S.E., M.Si

Kegiatan ini merupakan bagian dari program jangka panjang  jurusan manajemen, terutama  untuk menggugah para  peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitiannya, sekaligus memperkuat  jejaring  dengan perguruan tinggi lain untuk berbagai aktivitas kolaboratif di masa depan.

RAPAT JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TADULAKO

Palu, Senin 20 Januari 2020, pukul 09.00 WITA merupakan aktivitas pertama yang dilakukan oleh Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Kegiatan tersebut memiliki 3 Agenda yaitu:

  1. Laporan Kinerja Program Studi yang ada dibawah naungan Jurusan Manajemen yakni, Program Studi D3 Pemasaran, Program Studi S1 Manajemen, dan Program Studi S2 Magister Manajemen.
  2. Syukuran ruangan baru untuk dosen-dosen Jurusan Manajemen
  3. Isu-Isu yang terkait dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako, kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako yakni Bapak Dr. Muhtar Lutfi, S. E., M.Si dan didampingi oleh Ketua Jurusan Manajemen dan Sekertaris Jurusan Manajemen selaku pelaksana kegiatan yakni Bapak Dr. Asngadi, S.E., M.Si dan Ibu Dr. Ira Nuriyasanti, S.E., M.Si.

Pada rapat tersebut berlangsung khidmat dimana ketua jurusan beserta sekertarisnya menyampaikan tindak lanjut dari proses belajar mengajar yang dilakukan oleh 3 (tiga) Program Studi dibawah naungan Jurusan Manajemen. Bapak Dr. Asngadi menyampaikan bahwa pembelajaran yang dilakukan dosen kepada mahasiswa sudah sesuai dengan RPS yang dibagikan oleh mahasiswa, intensitas komunikasi dosen dan mahasiswa dalam proses penyelesaian studi juga cukup baik, hal tersebut terlihat dari jumlah mahasiswa yang menyelesaikan studi rata-rata selama 4 tahun. Hasil survei yang dipaparkan oleh Bapak Dr. Asngadi Selaku Ketua Jurusan diperoleh langsung dari Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Tadulako yang mana setiap semester mereka melakukan evaluasi kepada mahasiswa, olehnya beliau menyampaikan dalam rapat bahwa hasil tersebut jangan dijadikan kepuasan sebab masih banyak yang harus diperbaiki dengan segala kekurangan demi mencapai program yang baik dan unggul diantara jurusan lain.

Selain membahas tentang kinerja Jurusan Manajemen, ketiga Program Studi yakni D3 Manajemen Pemasaran, S1 Manajemen, dan S2 Manajemen diberikan waktu untuk mempresentasekan hasil evaluasi masing-masing kinerja dosen selama satu semester yaitu semester ganjil tahun jaaran 2019/2020. Pada kesempatan tersebut juga diberikan kesempatan bagi dosen melalui sesi tanya jawab untuk membahas isu-isu yang terkait dalam pengembangan program studi.

Kegiatan tersebut ditutup sekitar pukul 12.30 yang dirangkaikan dengan peresmian gedung baru untuk dosen-dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako yang dirangkaikan dengan makan bersama dengan pimpinan, dosen, pegawai, dan staf dalam lingkungan kampus tersebut.

KONFERENSI INTERNATIONAL CONFERENCE ON CREATIVE ECONOMY AND SUSTAINABILITY TOURISM (ICEST) BANDUNG 2020

MENGIKUTI SEMINAR ICEST “BANDUNG 2020”

Tuntutan untuk senantiasa meningkatkan kapasitas organisasi melalui proses akreditasi harus menjadi  pemantik aktivitas yang melembaga dan sustain dalam jangka panjang.  Proses peningkatan akreditasi hanyalah bagian dari proses meningkatkan mutu organisasi melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia, penguatan fasilitas pendukung dan  memperbaiki proses manajemen. Tujuan akhirnya adalah proses transfer of knowledge akan berjalan dengan baik, sehingga kampus akan memberikan impack dan outcome kepada seluruh stakeholder secara maksimal.

Untuk itu, proses akademik harus diawali dengan rancangan desain kurikulum  yang baik, yang memungkinkan  dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing.  Pada sisi yang lain, dosen sebagai tenaga utama dalam pendidikan tinggi juga dituntut untuk selalu mengupdate ilmu pengetahuan. Tujuannya adalah agar pengetahuan yang diajarkan akan selalu meningkat dan menyesuiakan dengan perkembangan  ilmu pengetahuan dan tantangan zaman yang selalu berubahn.

Dalam konteks itu, maka jurusan terus memacu para dosen untuk mampu berkiprah pada level internasional, melalui berbagai aktivitas bertaraf internasonal, seperti publikasi, simposium dan seminar  bertaraf internasional. Mengawali tahun 2020, Ketua Jurusan Manajemen berupaya membangun link dan kerjasama,   untuk memberikan fasilitasi kepada dosen  manajemen untuk berkiprah dalam publikasi internasional.

Pada tanggal 25 Februari tahun 2020,  ketua jurusan  menjajaki kerjasama dengan organisasi bertaraf internasional yakni Synergy Researach.  Di sela sela waktunya ketua jurusan yang juga mempresentasikan tulisan pada event internasional tersebut,  ketua jurusan membangun langkah awal   yang dapat ditindaklanjuti di masa depan untuk penguatan kelembagaan.  

Target kerjasama ini adalah terbukanya  jaringan kerjasama internsional yang dapat memberikan kemudahan bagi dosen untuk melakukan publikasi baik melalui prosiding internasional maupun publiksi pada jurnal ilmiah bereputasi. Hal ini menjadi konsen ketua jurusan, karena saat ini tuntutan kinerja dosen sudah mengarah pada publikasi yang bertaraf internsional.

Tujuan keduanya adalah melalui event internsional, dan keikutsertaan para dosen manajemen, akan memberikan  penguatan pada peningkatan wawawan para dosen. Dengan pola ini maka dosen akan out of the box, dan  menjadi bagian dari komunitas internasional. Tentu saja endingnya adalah peningkatan  akreditasi prodi  yang berada di bawah jurusan. Pemilihan  Synergy Researach sebagai calon mitra dalam event internsional di masa depan tidaklah berlebihan, mengingat kiprahnya yang cukup luas.

Hasil pembicaraan dengan Dr. Hendrati, founder dan CEO  Synergy Research  tanggal 25 Pebruari 2020 di Hotels Trans Luxury Bandung,  bahwa Synergy Research   bersedia menjadi mitra jurusan  manajemen  dalam  publikasi internasional dan seminar internasional. 

Tentu pertemuan tersebut sangat menggembirakan karena slot untuk mengembangankan kemitraan bertaraf internasional mulai terbangun dengan  baik. Bahkan DR. Hendrati bersedia untuk datang ke Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako, untuk memberikan  motivasi, support dan klinik bagi dosen untuk  menulis dan mempublikasikan tulisannya. Terlebih Dr. Hendrati adalah penulis di berbagai jurnal terindes scopus dan WOS Thomson reuter. Pengalamanya sebagai penulis, CEO dan sebagai reviewer jurnal internasional bereputasi tentu dapat menjadi ilham para dosen manajemen untuk lebih giat menulis dan mempublikasikannya.


Ketua jursan manajemen menerima piagam dalam sesi presentase di evet icest ( gambar kiri), dan ketua jurusan berpose bersama dengan CEO Synergy Research, Dr. Hendrati dan Associate Prof. Hiram Ting, dari University Sarawak Malaysia ( Gambar Kanan)

Gagasan untuk selalu meningkatkan kualitas dosen melalui publikasi dan  membawa ke kiprah internasional diharapkan akan menjadi  aktivitas kolaboratif dosen manajemen untuk masuk ke komunitas internasional.   Upaya tindak lanjut dari  pertemuan awal  tersebut tentu masih perlu dilakukan karena  dukungan pimpinan fakultas juga sangat penting dalam  pengembangan organisasi secara komprehensif.

Semoga langkah awal  yang baik akan menjadi langkah bersama penuh berkah bagi pengembangan lembaga di masa depan. amiin.

PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI DOSEN JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TADULAKO

Pelatihan pembuatan video pembelajaran merupakan kegiatan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Kegiatan ini diketuai oleh Wiri Wirastutim, S.E., M.M. yang ditunjukan langsung oleh Ketua Jurusan untuk melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2020 bertempat di Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untad. Jumlah peserta yang aktif dalam kegiatan ini sebanyak 30 orang peserta yakni dosen senior dan junior.

Kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran ini di buka langsung oleh Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako yaitu Bapak Dr. Asngadi, S.E., M.M. didampingi oleh Sekertaris Jurusan yaitu Ibu Dr. Ira Nuriyasanti, S.E., M.Si, Pemateri yang dibawakan oleh Dr. Ir. Anita Kasim, S. Kom., Ms.C. Adapun yang disampaikan beliau kepada peserta bahwa pembuatan video pembelajaran daring ini sangat dibutuhkan oleh dosen terutama kondisi saat ini menghadapi Covid 19, yang mana harus melaksanakan tugas belajar mengajar dari rumah, olehnya melalui video pembelajaran ini mengajarkan dosen untuk mengajar secara inovatif dan kreatif yang tidak hanya menggunakan Zoom atau Google Classroom. Kegiatan ini akan berlanjut seterusnya di lingkungan Jurusan Manajemen, dimana dosen khususnya dosen muda (junior) dapat mengajarkan teman atau dosen senior untuk membantu memahami pembuatan pembelajaran daring.

Kegiatan ini dipraktekkan secara langsung dan kegiatan tersebut ditutup dengan foto bersama sesama dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan pemateri dari kegiatan ini dan diakhir kegiatan ini juga Ketua Jurusan menyempaikan sekiranya kegiatan ini sangat berguna dan berkelanjutan tidak hanya menghadapi pandemi karena sekarang dunia memasuki era digitalisasi.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply